PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ARITMATIKA SOSIAL DENGAN STRATEGI LEARNING CYCLE (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Filial Pulutan Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011)

Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan minat belajar matematika pada aritmatika sosial dengan strategi pembelajaran Learning Cycle dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada aritmatika sosial dengan strategi pembelajaran Learning Cycle. Jenis peneli...

Popoln opis

Shranjeno v:
Bibliografske podrobnosti
Glavni avtor: Saputro , Wibowo Juli
Format: Thesis
Jezik:English
English
English
English
English
English
English
English
English
Izdano: 2011
Teme:
Online dostop:https://eprints.ums.ac.id/11770/
Oznake: Označite
Brez oznak, prvi označite!
Opis
Izvleček:Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan minat belajar matematika pada aritmatika sosial dengan strategi pembelajaran Learning Cycle dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada aritmatika sosial dengan strategi pembelajaran Learning Cycle. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A MTs Negeri Filial Pulutan Boyolali, yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian (1) peningkatan minat belajar dapat dilihat dari meningkatnya indikator peningkatan minat meliputi: a) mengerjakan tugas mandiri, sebelum tindakan 34,62% dan di akhir tindakan 65,38 %. b) mengemukakan pendapat atau ide sebelum tindakan 15,38% dan di akhir tindakan 46,15%, c) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 7,69% dan di akhir tindakan 34,62%, d) mengerjakan tugas di depan kelas sebelum tindakan 23,08% dan di akhir tindakan 53,85%, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari atau sama dengan 55 sebelum tindakan sebanyak 38,46% dan di akhir tindakan 69,23%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.