PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIII Semester Gasal MTs Negeri Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel melalui strategi pembelajaran aktif index card match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. S...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: RACHMAWATI , TIKA KARLINA
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/11768/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel melalui strategi pembelajaran aktif index card match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIIG MTs Negeri Boyolali yang berjumlah 38 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah aktivitas belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian adalah ada peningkatan aktivitas belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator aktivitas belajar matematika meliputi: 1) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 27,8 %, putaran I 41,7 %, putaran II 52,6 %, dan di akhir tindakan 79,4 %, 2) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 13,9 %, putaran I 19,4 %, putaran II 28,9 %, dan di akhir tindakan 41,2 %, 3) mengemukakan pendapat sebelum tindakan 5,6 %, putaran I 2,8 %, putaran II 10,5 %, dan di akhir tindakan 23,5 %, 4) mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan 8,3 %, putaran I 33,3 %, putaran II 52,6 %, dan di akhir tindakan 76,5 %, 5) mengerjakan pekerjaan rumah sebelum tindakan 55,6 %, putaran I 69,4 %, putaran II 78,9 %, dan di akhir tindakan 94,1 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif index card match dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika.