PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING ( PTK di Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2010 / 2011 )

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan resource based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah SMP Negeri 2 Colomadu. Sebagai subje...

Olles dieđut

Furkejuvvon:
Bibliográfalaš dieđut
Váldodahkki: Ernawati , Ernawati
Materiálatiipa: Oahppočájánas
Giella:English
English
English
English
English
English
English
English
Almmustuhtton: 2011
Fáttát:
Liŋkkat:https://eprints.ums.ac.id/11767/
Fáddágilkorat: Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
Govvádus
Čoahkkáigeassu:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan resource based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah SMP Negeri 2 Colomadu. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C yang berjumlah 35 siswa, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII C. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mennunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Resource Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dilihat dari aspek – aspek berikut : 1) Antusias Siswa dalam mengikuti pelajaran matematika sebelum tindakan 34.3% meningkat sebanyak 37.1% pada akhir tindakan; 2) Siswa yang memberi tanggapan kepada guru atau siswa lain sebelum tindakan 8.6% meningkat sebanyak 34.3% pada akhir tindakan; 3) Siswa yang menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 14.3% meningkat sebanyak 40% pada akhir tindakan; 4) Siswa menanyakan materi yang belum jelas sebelum tindakan 17.1% meningkat sebanyak 37.2% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan resource based learning dapat meningkatkan minat belajar siswa.