UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) MELALUI METODE ROTATING TRIO EXCHANGE SISWA SMP N 3 COLOMADU KELAS VIIID SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Rotating Trio Exchange pada pokok bahasan SPLDV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VI...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/11764/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Rotating Trio
Exchange pada pokok bahasan SPLDV. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIID SMP
Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 34 siswa dan subyek pelaksana tindakan
adalah guru matematika bersama peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan
melalui metode observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis
data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini
menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran matematika melalui metode Rotating Trio Exchange. Peningkatan
minat belajar siswa dapat dilihat dari : 1) Siswa senang mengikuti pelajaran
sebelum diadakan tindakan sebesar 29,41%, di akhir tindakan mencapai 88,24%.
2) Siswa memperhatikan saat proses pembelajaran sebelum diadakan tindakan
sebesar 20,59%, di akhir tindakan mencapai 82,35%. 3) Banyaknya siswa yang
bertanya sebelum diadakan tindakan sebesar 11,76%, di akhir tindakan mencapai
73,53%. 4) Siswa konsentrasi dalam kelas sebelum diadakan tindakan sebesar
14,71%, di akhir tindakan mencapai 85,29%. Peningkatan hasil belajar siswa
dapat dilihat dari : 1) Banyaknya siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebelum
tindakan sebesar 38,24%, di akhir tindakan mencapai 88,24%. 2) Banyaknya
siswa yang mendapat nilai di atas rata-rata kelas sebelum tindakan sebesar
38,24%, di akhir tindakan mencapai 64,71%. 3) Kemampuan siswa menjelaskan
materi kepada siswa lain sebelum tindakan sebesar 5,88%, di akhir tindakan
mencapai 58,82%. 4) Berperilaku santun selama pembelajaran sebelum tindakan
sebesar 44,12%, di akhir tindakan mencapai 94,12%. Kesimpulan dari penelitian
ini yaitu penerapan metode Rotating Trio Exchange dalam pembelajaran
matematika pada pokok bahasan SPLDV dapat meningkatkan minat dan hasil
belajar siswa |
---|