OPTIMALISASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (PTK Kelas VIII Semester Ganjil SMP N 2 Colomadu Tahun Ajaran 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi Scramble. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika. Subyek...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: PURWANTI , ERNI
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/11756/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi Scramble. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP N 2 Colomadu, yang berjumlah 33 siswa. Obyek penelitian adalah keaktifan belajar siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur dan keabsahan data. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan keaktifan belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar yang meliputi: 1) menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan 6,1%, putaran I 15,2%, putaran II 39,4% dan di akhir tindakan 48,5%, 2) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 6,1%, putaran I 12,1%, putaran II 30,3 % dan di akhir tindakan 51,5%, 3) mengemukakan ide sebelum tindakan 6,1%, putaran I 9,1 %, putaran II 15,2 % dan di akhir tindakan 27,3%, 4) kerjasama kelompok saat diskusi sebelum tindakan 24,2%, putaran I 30,3%, putaran II 45,5% dan di akhir tindakan 66,7%, 5) mempresentasikan hasil diskusi sebelum tindakan 6,1 %, putaran I 15,2%, putaran II 39,4% dan di akhir tindakan 57,6%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Scramble dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa.