PERILAKU BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH ALAM (Studi Situs Sekolah Alam Ar Ridho Semarang)
Tujuan umum dari penelitian ini untuk memaparkan perilaku belajar matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. Tujuan khusus (1) Memaparkan antusias belajar matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. (2) Memaparkan dinamika aktivitas belajar matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridh...
Guardado en:
Autor principal: | |
---|---|
Formato: | Tesis |
Lenguaje: | English English English English English English English English |
Publicado: |
2011
|
Materias: | |
Acceso en línea: | https://eprints.ums.ac.id/11753/ |
Etiquetas: |
Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
|
Sumario: | Tujuan umum dari penelitian ini untuk memaparkan perilaku belajar
matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. Tujuan khusus (1) Memaparkan
antusias belajar matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. (2) Memaparkan
dinamika aktivitas belajar matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. (3)
Memaparkan kebiasaan belajar matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridho Semarang.
Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan situs. Informan adalah kepala sekolah, guru,
dan siswa SMP Alam Ar Ridho Semarang. Metode pengumpulan data melalui metode
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif.
Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian (1) Siswa sekolah alam Ar
Ridho sangat berantusias sekali saat mengikuti pembelajaran. Adanya persaingan yang
sehat antar siswa dalam hal prestasi, sangat mempengaruhi kemampuan serta keaktifan
siswa saat pembelajaran. Interaksi yang terjadi antara siswa dengan siswa maupun siswa
dengan guru berjalan dengan baik, rasa kebersamaan dan kerjasama sudah dimiliki setiap
siswa dan guru yang mengajar di sekolah alam. (2) Dinamika aktivitas belajar matematika
siswa di sekolah alam dapat menunjang keberhasilan siswa dalam pembelajaran
matematika yang ditinjau dari kemampuan kognisi, afeksi, dan psikomotor siswa.
Sekolah alam memberikan kebebasan pada siswanya dalam hal belajar. Belajar sendiri
dan belajar kelompok adalah pilihan bagi siswa sekolah alam. (3) Kebiasaan belajar
matematika siswa di sekolah alam berbeda dengan sekolah pada umumnya. Dalam
menerima pembelajaran siswa diberikan suatu kebebasan untuk memilih tempat dimana
mereka akan belajar. Di sekolah alam siswa bisa belajar di dalam kelas maupun di luar
kelas dengan memanfaatkan fasilitas taman dan gazebo yang disediakan. Siswa dituntut
untuk selalu aktif dalam setiap pembelajaran. Mereka selalu dikondisikan untuk belajar
mandiri. Guru di sekolah alam selalu melibatkan siswanya saat proses pembelajaran.
Dalam satu kelas, tidak semua siswa dapat menangkap pembelajaran dengan baik. Ada
beberapa anak yang mengalami keterlambatan dalam menangkap pembelajaran(slowner).
Untuk kelengkapan sumber belajar di sekolah alam cukup tersedia, diantaranya
perpustakaan yang menyediakan banyak buku-buku yang mendukung pembelajaran
matematika. Dalam menerapkan pembelajaran matematika, siswa dilatih untuk terjun
langsung dalam kelas bisnis.
|
---|