PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELA JARAN BERBASIS KOMPUTER (PTK Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta)

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Think Pair Share (TPS) dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: PRIHATININGRUM , WAHYU
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11752/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Think Pair Share (TPS) dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan dan siswa kelas XI IPA yang berjumlah 32 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan dan dikembangkan selama proses refleksi sampai proses penyusunan laporan. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas tersebut antara lain: 1) Adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari a) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 12,9% dan diakhir tindakan mencapai 53,6%, b) keaktifan siswa dalam mengemukakan ide atau gagasan sebelum tindakan sebesar 16,1% dan diakhir tindakan mencapai 57,1%, c) keberanian siswa mempresentasikan hasil pekerjaan di depan kelas sebelum tindakan sebesar 0% dan diakhir tindakan mencapai 28,6%. 2) Adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari a) kemauan siswa untuk memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan sebesar 51,6% dan diakhir tindakan mencapai 92,9%, b) semangat siswa untuk belajar mandiri dalam kelas sebelum tindakan sebesar 0% dan diakhir tindakan mencapai 64,3%, c) antusias siswa untuk mengerjakan tugas rumah tepat waktu sebelum tindakan sebesar 38,7% dan diakhir tindakan mencapai 92,9 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan TPS dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa.