PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELA JARAN BERBASIS KOMPUTER (PTK Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta)
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Think Pair Share (TPS) dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English English English |
Vydáno: |
2011
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/11752/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
Shrnutí: | Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan
keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui
pendekatan Think Pair Share (TPS) dengan pemanfaatan media pembelajaran
berbasis komputer. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek
penelitian ini adalah guru matematika kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2
Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan dan siswa kelas XI IPA yang
berjumlah 32 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data
yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review.
Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data
dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan dan dikembangkan selama
proses refleksi sampai proses penyusunan laporan. Beberapa hal yang dapat
disimpulkan dari penelitian tindakan kelas tersebut antara lain: 1) Adanya
peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat
dari a) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar
12,9% dan diakhir tindakan mencapai 53,6%, b) keaktifan siswa dalam
mengemukakan ide atau gagasan sebelum tindakan sebesar 16,1% dan diakhir
tindakan mencapai 57,1%, c) keberanian siswa mempresentasikan hasil pekerjaan
di depan kelas sebelum tindakan sebesar 0% dan diakhir tindakan mencapai
28,6%. 2) Adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran
matematika, hal ini dapat dilihat dari a) kemauan siswa untuk memperhatikan
penjelasan guru sebelum tindakan sebesar 51,6% dan diakhir tindakan mencapai
92,9%, b) semangat siswa untuk belajar mandiri dalam kelas sebelum tindakan
sebesar 0% dan diakhir tindakan mencapai 64,3%, c) antusias siswa untuk
mengerjakan tugas rumah tepat waktu sebelum tindakan sebesar 38,7% dan
diakhir tindakan mencapai 92,9 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penerapan pendekatan TPS dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis
komputer pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan
motivasi belajar siswa. |
---|