PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN TEAM QUIZ DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA (PTK di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Masaran Tahun Ajaran 2010/2011)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui matode Guided Note Taking dan Team Quiz pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar, kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adala...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/11749/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam
pembelajaran matematika melalui matode Guided Note Taking dan Team Quiz
pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar, kubus dan balok. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa
kelas VIII
G SMP Negeri 1 Masaran yang berjumlah 39 siswa dan subjek
pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu oleh guru matematika. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan
metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan siswa
pada pembelajaran matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar kubus dan
balok melalui metode Guided Note Taking dan Team Quiz. Hal ini dapat dilihat
dari: 1) Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum dilakukan
tindakan sebesar 12,82% dan diakhir tindakan mencapai 35,90%, 2) Keaktifan
siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 15,38%
dan diakhir tindakan mencapai 43,59%, 3) Keaktifan siswa dalan mengerjakan
latihan soal yang diberikan oleh guru sebelum dilakukan tindakan sebesar 33,33%
dan diakhir tindakan mencapai 92,31%, 4) Keaktifan siswa dalam mengerjakan
soal di depan kelas sebelum dilakukan tindakan sebesar 10,26% dan diakhir
tindakan mencapai 38,46%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan
metode Guided Note Taking dan Team Quiz dalam pembelajaran matematika pada
pokok bahasan bangun ruang sisi datar kubus dan balok dapat meningkatkan
keaktifan siswa. |
---|