PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON DENGAN SUPERITEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pokok bahasan pertidaksamaan dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran Peer Lesson dengan Superitem. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X3 SM...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/11727/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pokok bahasan
pertidaksamaan dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran
Peer Lesson dengan Superitem. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X3 SMA Muhammadiyah 1
Surakarta yang berjumlah 41 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui
metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Untuk menjamin
validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan keaktifan siswa pada pokok bahasan pertidaksamaan. Hal ini dapat
dilihat dari banyaknya siswa yang : 1) Bertanya dan mengemukakan pendapat
sebelum tindakan 5% dan setelah tindakan 41,03%, 2) Menjawab pertanyaan
sebelum tindakan 7,5% dan setelah tindakan 28,21%, 3) Mengerjakan latihan soal
sebelum tindakan 47,5% dan setelah tindakan 94,87%, dan 4) Mengerjakan soal
latihan di depan kelas sebelum tindakan 10% dan setelah tindakan 41,03%.
Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran
Peer Lesson dengan Superitem dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam
pembelajaran matematika. |
---|