PENERAPAN MODEL ELICITING ACTIVITIES UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Nogosari)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa melalui penerapan Model Eliciting Activities. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII A SMP Negeri 1 Nogosari sebaga...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: PRASETYO , EDY HERU
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
English
English
English
English
English
English
Được phát hành: 2011
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/11721/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa melalui penerapan Model Eliciting Activities. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII A SMP Negeri 1 Nogosari sebagai pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VIII A yang berjumlah 35 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini antara lain: 1) Adanya peningkatan aktifitas mencatat atau membuat ringkasan ketika mengikuti pembelajaran, meningkat dari 14,28% menjadi 51,43%. 2) Adanya peningkatan aktifitas siswa dalam mengajukan dan menjawab pertanyaan, meningkat dari 11,28% menjadi 54,28%. 3) Adanya peningkatan mengemukakan ide dalam pembelajaran, meningkat dari 5,71% menjadi 60,00%. 4) Adanya peningkatan siswa yang mengerjakan soal dan tugas, meningkat dari 25,71% menjadi 71,42%. 5) terjadi peningkatan siswa yang mengerjakan soal kedepan kelas, meningkat dari 2,86% menjadi 22,86%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Model Eliciting Activities dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika.