PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING(CPS) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN SISWA MENGERJAKAN SOAL-SOALLATIHAN DI DEPAN KELAS (PTKpada Siswa KelasVIISMPNegeri 3ColomaduTahun Ajaran 2009/2010)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga melalui pendekatan creative problem solving(CPS) pada bangun datar persegi panjang dan persegi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas d...
Sparad:
Huvudupphovsman: | |
---|---|
Materialtyp: | Lärdomsprov |
Språk: | English English English English English English English English |
Publicerad: |
2010
|
Ämnen: | |
Länkar: | https://eprints.ums.ac.id/11709/ |
Taggar: |
Lägg till en tagg
Inga taggar, Lägg till första taggen!
|
Sammanfattning: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian dan prestasi
belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga
melalui pendekatan creative problem solving(CPS) pada bangun datar persegi
panjang dan persegi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan
subjek penelitian siswa kelas VII CSMP Negeri 3 Colomadutahun ajaran
2009/2010 sebanyak 40siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi,
catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara
diskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah; 1) keberanian
siswa meningkat meliputi aspek:a) siswa yang menanyakan materi yang belum
jelassebelum tindakan(17,5 %), setelahtindakan (60%), b) siswa yang
menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lainsebelum tindakan(30%), sesudah
tindakan (55%), c) siswa yang mengemukakan ide atau gagasan sebelum
tindakan (20%),sesudah tindakan (52,5 %), d) siswa yang mengerjakan soal
latihan didepan kelassebelum tindakan(12,5%)sesudah tindakan (50%), 2)
prestasi belajar siswa meningkat, sebelum tindakan sebesar 23siswa (57,5 %)
memiliki nilai ≥ 65 dan diakhir tindakan 32 siswa (80%) siswa memiliki nilai
≥ 65. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Creative
Problem Solving (CPS) dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan
keberaniandan prestasi belajar matematika siswa. |
---|