Pemanfaatan Alat Peraga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Think Pairs Share (TPS) (PTK pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Girimarto Tahun Ajaran 2009/2010)

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa pada bangun datar persegi panjang dan persegi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Girimarto tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 28...

Descrición completa

Gardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor Principal: Yulianto , Christian
Formato: Thesis
Idioma:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicado: 2010
Subjects:
Acceso en liña:https://eprints.ums.ac.id/11700/
Tags: Engadir etiqueta
Sen Etiquetas, Sexa o primeiro en etiquetar este rexistro!
_version_ 1804995412691517440
author Yulianto , Christian
author_facet Yulianto , Christian
author_sort Yulianto , Christian
collection ePrints
description Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa pada bangun datar persegi panjang dan persegi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Girimarto tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 28 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah; 1) motivasi belajar siswa meningkat meliputi aspek; a) siswa yang antusias dalam belajar sebelum tindakan 46,42% dan setelah tindakan mencapai 89,28 %, b) siswa yang mendengarkan penjelasan dari guru sebelum tindakan 57,14 % dan setelah tindakan mencapai 96,42 %, c) siswa yag memberi tanggapan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan sebanyak 14,28 % dan setelah tindakan mencapai 57,14%, d) siswa yag menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan sebanyak 17,85 % dan setelah tindakan mencapai 60,71 %, e) siswa yang menanyakan materi sebelum tindakan 10,71 % dan setelah tindakan mencapai 53,57 % dan, 2) prestasi belajar siswa meningkat, sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (21,42 %) yang memiliki nilai > 65 dan setelah tindakan 24 siswa (85,71 %) siswa yang memiliki nilai > 65. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran Think Pairs Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi dan prestai belajar matematika siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11700
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11700 https://eprints.ums.ac.id/11700/ Pemanfaatan Alat Peraga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Think Pairs Share (TPS) (PTK pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Girimarto Tahun Ajaran 2009/2010) Yulianto , Christian L Education (General) Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa pada bangun datar persegi panjang dan persegi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Girimarto tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 28 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah; 1) motivasi belajar siswa meningkat meliputi aspek; a) siswa yang antusias dalam belajar sebelum tindakan 46,42% dan setelah tindakan mencapai 89,28 %, b) siswa yang mendengarkan penjelasan dari guru sebelum tindakan 57,14 % dan setelah tindakan mencapai 96,42 %, c) siswa yag memberi tanggapan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan sebanyak 14,28 % dan setelah tindakan mencapai 57,14%, d) siswa yag menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan sebanyak 17,85 % dan setelah tindakan mencapai 60,71 %, e) siswa yang menanyakan materi sebelum tindakan 10,71 % dan setelah tindakan mencapai 53,57 % dan, 2) prestasi belajar siswa meningkat, sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (21,42 %) yang memiliki nilai > 65 dan setelah tindakan 24 siswa (85,71 %) siswa yang memiliki nilai > 65. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran Think Pairs Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi dan prestai belajar matematika siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11700/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11700/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11700/6/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11700/8/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11700/10/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11700/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11700/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11700/18/LAMPIRAN.pdf Yulianto , Christian (2010) Pemanfaatan Alat Peraga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Think Pairs Share (TPS) (PTK pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Girimarto Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060274
spellingShingle L Education (General)
Yulianto , Christian
Pemanfaatan Alat Peraga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Think Pairs Share (TPS) (PTK pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Girimarto Tahun Ajaran 2009/2010)
title Pemanfaatan Alat Peraga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Think Pairs Share (TPS) (PTK pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Girimarto Tahun Ajaran 2009/2010)
title_full Pemanfaatan Alat Peraga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Think Pairs Share (TPS) (PTK pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Girimarto Tahun Ajaran 2009/2010)
title_fullStr Pemanfaatan Alat Peraga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Think Pairs Share (TPS) (PTK pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Girimarto Tahun Ajaran 2009/2010)
title_full_unstemmed Pemanfaatan Alat Peraga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Think Pairs Share (TPS) (PTK pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Girimarto Tahun Ajaran 2009/2010)
title_short Pemanfaatan Alat Peraga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Think Pairs Share (TPS) (PTK pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Girimarto Tahun Ajaran 2009/2010)
title_sort pemanfaatan alat peraga untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran think pairs share tps ptk pada siswa kelas vii smp negeri 1 girimarto tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11700/
work_keys_str_mv AT yuliantochristian pemanfaatanalatperagauntukmeningkatkanmotivasibelajarmatematikasiswadenganmenggunakanmetodepembelajaranthinkpairssharetpsptkpadasiswakelasviismpnegeri1girimartotahunajaran20092010