Pemanfaatan Alat Peraga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Think Pairs Share (TPS) (PTK pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Girimarto Tahun Ajaran 2009/2010)

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa pada bangun datar persegi panjang dan persegi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Girimarto tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 28...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: Yulianto , Christian
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11700/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa pada bangun datar persegi panjang dan persegi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Girimarto tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 28 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah; 1) motivasi belajar siswa meningkat meliputi aspek; a) siswa yang antusias dalam belajar sebelum tindakan 46,42% dan setelah tindakan mencapai 89,28 %, b) siswa yang mendengarkan penjelasan dari guru sebelum tindakan 57,14 % dan setelah tindakan mencapai 96,42 %, c) siswa yag memberi tanggapan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan sebanyak 14,28 % dan setelah tindakan mencapai 57,14%, d) siswa yag menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan sebanyak 17,85 % dan setelah tindakan mencapai 60,71 %, e) siswa yang menanyakan materi sebelum tindakan 10,71 % dan setelah tindakan mencapai 53,57 % dan, 2) prestasi belajar siswa meningkat, sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (21,42 %) yang memiliki nilai > 65 dan setelah tindakan 24 siswa (85,71 %) siswa yang memiliki nilai > 65. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran Think Pairs Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi dan prestai belajar matematika siswa.