PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION AND EVALUTION( 5E ) (PTK pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan pemahaman konsep, 2) meningkatkan prestasi matematika siswa, melalui model pembelajaran Learning Cycle “5-E”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 3 C...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: NURKHOLIS , NURKHOLIS
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11699/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan pemahaman konsep, 2) meningkatkan prestasi matematika siswa, melalui model pembelajaran Learning Cycle “5-E”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) kemampuan dalam mengajukan ide sebelum tindakan sebesar 12,50 %, di akhir tindakan menjadi 56,25 %, 2) kemampuan mengajukan pertanyaan tentang materi yang belum jelas sebelum tindakan sebesar 31,25 %, di akhir tindakan naik menjadi 78,12 %, 3) kemampuan melakukan operasi hitung dengan benar sebelum tindakan sebesar 18,75 %, di akhir tindakan naik menjadi 68,75 % , dan 4) kemampuan menjawab pertanyaan guru dengan benar sebelum tindakan sebesar 12,50 %, di akhir tindakan naik menjadi 59,37 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas siswa yang mendapatkan nilai > 65 sebanyak 25 %, di akhir tindakan menjadi 84,37 %. Kesimpulan dalam penelitian adalah bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5-E dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan prestasi belajar matematika siswa.