PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE SNOW BALL DAN DEBAT AKTIF (DEBATE ACTIVE) POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SEMESTER 2 MTs AL-WAHHAB BAGOKRADENAN TAHUN AJARAN 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran aktif tipe snow ball dan debat aktif (debate active). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Wahhab Bago Kradenan. Pengambilan sampel da...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: PURNOMO, HERI
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/11697/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran aktif tipe snow ball dan debat aktif (debate active). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Wahhab Bago Kradenan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cluster random sampling. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Pengambilan data yang dilakukan dengan menggunakan metode pokok yaitu metode tes dan metode bantu yaitu metode dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji t yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian dengan α = 5% menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar matematika yang menggunakan metode pembelajaran aktif tipe snow ball dibanding metode pembelajaran aktif tipe debat aktif (debate active). Dari data diperoleh rata-rata prestasi belajar siswa yang dikenai metode pembelajaran aktif tipe snow ball sebesar 78 dan rata-rata prestasi belajar siswa yang dikenai metode pembelajaran aktif tipe debat aktif (debate active) sebesar 70,4. Ini berarti bahwa prestasi belajar matematika siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode pembelajaran aktif tipe snow ball lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode pembelajaran aktif tipe debat aktif (debate active).