KESULITAN-KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KETILENG 03 TODANAN-BLORA
Penelitianini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita : 1) memahami apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari soal cerita; 2) mengubah soal matematika dan bentuk model- model matematika; 3) menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam soal...
সংরক্ষণ করুন:
প্রধান লেখক: | |
---|---|
বিন্যাস: | গবেষণাপত্র |
ভাষা: | English English English English English English English English |
প্রকাশিত: |
2010
|
বিষয়গুলি: | |
অনলাইন ব্যবহার করুন: | https://eprints.ums.ac.id/11686/ |
ট্যাগগুলো: |
ট্যাগ যুক্ত করুন
কোনো ট্যাগ নেই, প্রথমজন হিসাবে ট্যাগ করুন!
|
সংক্ষিপ্ত: | Penelitianini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan siswa dalam
menyelesaikan soal cerita : 1) memahami apa yang diketahui dan apa yang
ditanyakan dari soal cerita; 2) mengubah soal matematika dan bentuk model-
model matematika; 3) menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam
soal cerita; 4) membuat pemecahan masalah dari soal matematika. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini
adalah siswa kelas V SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis interaktif. Dari analisis data diperoleh bahwa: 1) kesulitan siswa
dalam memahami apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dalam soal cerita
matematika terletak pada kemampuan siswa dalam memahami dan mengerti
bahasa yang digunakan dalam soal; 2) kesulitan mengubah soal matematika ke
bentuk model matematika terletak pada kemampuan siswa dalam menterjemahkan
persoalan sehari-hari ke dalam bahasa matematika; 3) kesulitan dalam
menerapkan konsep yang dipelajari dalam soal cerita yaitu terletak pada
kemampuan siswa dalam penggunaan dan penerapan konsep kedalam soal cerita;
4) kesulitan dalam membuat memecahkan masalah dalam soal cerita terletak pada
kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan langkah-langkah yang
benar. Jadi diharapkan dengan mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan
soal cerita lebih awal maka dapat dicari solusi dari kesulitan tersebut. |
---|