PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), (2) Pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (...

Бүрэн тодорхойлолт

-д хадгалсан:
Номзүйн дэлгэрэнгүй
Үндсэн зохиолч: RATNASARI , DWI
Формат: Дипломын ажил
Хэл сонгох:English
English
English
English
English
English
English
English
Хэвлэсэн: 2010
Нөхцлүүд:
Онлайн хандалт:https://eprints.ums.ac.id/11648/
Шошгууд: Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
Тодорхойлолт
Тойм:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), (2) Pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Efek interaksi antara strategi pembelajaran dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester 2 SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VII I sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII H sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Cluster random sampling. Sebelum instrumen dikenakan pada sampel, maka diuji dahulu dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunakan metode lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode bartlett. Selanjutnya dilakukan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know dan strategi pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan A F = 20,162, (2) Ada pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan B F = 13,778, (3) Tidak ada efek interaksi yang signifikasi antara strategi pembelajaran dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan AB F = 0,220.