BIMBINGAN GURU PAMONG DAN MINAT MAHASISWA MENJADI GURU TERHADAP PRESTASI PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2006 FKIP UMS TAHUN 2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh bimbingan guru pamong terhadap prestasi program pengalaman lapangan. 2) pengaruh minat mahasiswa menjadi guru terhadap prestasi program pengalaman lapangan. 3) pengaruh bimbingan guru pamong dan minat mahasiswa menjadi guru terhadap prestasi...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: Wardani , Putri Setya
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/11644/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh bimbingan guru pamong terhadap prestasi program pengalaman lapangan. 2) pengaruh minat mahasiswa menjadi guru terhadap prestasi program pengalaman lapangan. 3) pengaruh bimbingan guru pamong dan minat mahasiswa menjadi guru terhadap prestasi program pengalaman lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di Pendidikan Akuntansi FKIP UMS. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2006 sebanyak 180 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 45 mahasiswa dengan cara proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji F dan uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Berdasarkan analisis regresi linear ganda diperoleh persamaan Y = 60,864 + 0,196X1 + 0,221X2. 2) Terdapat pengaruh bimbingan guru pamong terhadap prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL). Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,340 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. 3) Terdapat pengaruh minat mahasiswa menjadi guru terhadap prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL). Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,026 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,004. 4) Terdapat pengaruh antara bimbingan guru pamong dan minat mahasiswa menjadi guru secara bersama-sama terhadap prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL). Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui Fhitung > Ftabel, yaitu 14,315 > 3,220 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 5) Variabel bimbingan guru pamong memberikan sumbangan efektif 21,8%. Variabel minat mahasiswa menjadi guru memberikan sumbangan efektif 18,7%. sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 40,5%, sedangkan 59,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.