UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BERPIKIR BERPASANGAN (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam belajar matematika dengan metode Berpikir Berpasangan. Subyek penerima tindakan dalam penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observa...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English English English English English English English |
Được phát hành: |
2011
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/11640/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
Tóm tắt: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi
siswa dalam belajar matematika dengan metode Berpikir Berpasangan. Subyek
penerima tindakan dalam penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP
Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui
teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi, metode tes. Teknik analisis data
yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi
dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi siswa mengalami peningkatan
meliputi aspek mengajukan ide sebelum tindakan kelas hanya 42,8 % diakhir
tindakan kelas meningkat menjadi 80 %. Siswa yang memberikan komentar
sebelum tindakan kelas hanya 17,1 %, diakhir tindakan kelas meningkat menjadi
51,4 %. Siswa yang bertanya sebelum tindakan kelas hanya 34,2 %, diakhir
tindakan kelas meningkat menjadi 77,1 %. Siswa yang menyetujui ide sebelum
tindakan kelas hanya 37,1 %, diakhir tindakan kelas meningkat menjadi 71,4 %.
Berdasarkan hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika
melalui metode Berpikir Berpasangan dapat meningkatkan kemampuan
komunikasi siswa. |
---|