EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA (Studi Eksperimentasi Kelas VIII SMP Ibu S. Soemoharmanto Jatipurno Wonogiri)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) Interaksi pembelajaran kooperatif tipe TGT dan minat belajar siswa terhadap prestasi bela...

Szczegółowa specyfikacja

Zapisane w:
Opis bibliograficzny
1. autor: PENI , SIWI
Format: Praca dyplomowa
Język:English
English
English
English
English
English
English
English
Wydane: 2011
Hasła przedmiotowe:
Dostęp online:https://eprints.ums.ac.id/11607/
Etykiety: Dodaj etykietę
Nie ma etykietki, Dołącz pierwszą etykiete!
Opis
Streszczenie:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) Interaksi pembelajaran kooperatif tipe TGT dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N Ibu. S. Soemoharmanto Jatipurno, Wonogiri tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 119 siswa. Sampel dalam penelitian ini, sebanyak 80 siswa terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil dengan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan sel tak sama. Sebelum data dianalisis dilakukan persyaratan uji analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji komparansi ganda. Berdasarkan hasil penelitian ini, untuk α = 5% dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 5,496 > Ftabel = 3,920, (2) Ada pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, Fa = 173,753 > Ftabel = 3,070 dan (3) Tidak ada pengaruh yang signifikan interaksi pembelajaran kooperatif tipe TGT dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab = 0,002 < Ftabel 3,070.