UPAYA MEMINIMALISASIKAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE COLLABORATIVE LEARNING (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi)

Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisasikan kesulitan belajar matematika melalui pengajaran remedial dengan metode collaborative learning dan meningkatkan ketuntasan siswa dalam menguasai pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: MAWARTI , HENNY KUSUMA
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11606/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisasikan kesulitan belajar matematika melalui pengajaran remedial dengan metode collaborative learning dan meningkatkan ketuntasan siswa dalam menguasai pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Sambi yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, tes dan review. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan kesulitan perkalian tanda positif dan negative, kurang teliti dalam menghitung dan operasi variabel pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal sebelum tindakan 34,38% dan setelah tindakan 62,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran remedial dengan metode collaborative learning dapat meminimalisasikan kesulitan belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika.