PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN VIDEO COMPACT DISK (VCD) PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendeskripsikan minat belajar matematika siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Video Compact Disk (VCD). Jenis penelitian pada penelitian ini...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor principal: PARMININGSIH, MENIK
Formato: Tesis
Lenguaje:English
English
Publicado: 2010
Materias:
Acceso en línea:https://eprints.ums.ac.id/11602/
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
Descripción
Sumario:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendeskripsikan minat belajar matematika siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Video Compact Disk (VCD). Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Al Islam Kalijambe Sragen yang berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar matematika siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) memperhatikan guru dalam mengikuti pembelajaran matematika sebelum tindakan 13,51% dan setelah tindakan 24,43%, 2) berkonsentrasi dalam mendengarkan guru pada waktu menjelaskan materi sebelum tindakan 8,10 % dan setelah tindakan 27,02%, 3) antusias dalam pembelajaran matematika, yaitu kesiapan siswa dalam memulai proses pembelajaran sebelum tindakan 16,21% dan setelah tindakan 54,05%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Video Compact Disk (VCD) dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam belajar matematika.