PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PHYSICAL SELF-ASSESSMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAMPROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH PADA SISWA KELAS IX A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pelaksanaan Otonomi Daerah pada siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun 2010 melalui penerapan strategi pem-belajaran aktif Physical Self-Assessment. Sebelum diberikan tindakan keaktifan sisw...

وصف كامل

محفوظ في:
التفاصيل البيبلوغرافية
المؤلف الرئيسي: ARYANI, ARIEK
التنسيق: أطروحة
اللغة:English
English
English
English
English
English
English
English
منشور في: 2011
الموضوعات:
الوصول للمادة أونلاين:https://eprints.ums.ac.id/11543/
الوسوم: إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
الوصف
الملخص:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pelaksanaan Otonomi Daerah pada siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun 2010 melalui penerapan strategi pem-belajaran aktif Physical Self-Assessment. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan meng-gunakan strategi pembelajaran ceramah, kelompok dan diskusi. Akan tetapi penerapan strategi pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif Physical Self-Assessment. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang berjumlah 27 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data de-ngan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tiga siklus. Diharapkan dengan pe-nerapan strategi pembelajaran aktif Physical Self-Assessment keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pelaksanaan Otonomi Daerah pada siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun 2010 dapat meningkat 75% dari 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada materi Pelaksanaan Otonomi Daerah di kelas IX A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun 2010 yaitu dari yang aktif menjawab pertanyaan dan berpendapat sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 3 (11,11%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif Physical Self-Assessment, siklus I meningkat menjadi 7 (25,93%), siklus II 15 (55,56%), siklus III 21 (77,78%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas xvii tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan ”Diduga dari Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Physical Self-Assessment dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Pelaksanaan Otonomi Daerah Pada Siswa Kelas IX A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun 2010” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.