PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI PERTAMA PADA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN 2010
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2010 melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match. Sebelum diberikan tindakan keaktifan...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/11523/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2010 melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode diskusi dan ceramah. Akan tetapi penerapan metode tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan
dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran PKn materi proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama pada siswa
kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yaitu dari yang aktif bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match siswa yang aktif dalam materi proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama sebanyak 11 siswa atau 33,33%. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match, siklus I meningkat menjadi 21 siswa
atau 63,64% dan siklus II meningkat menjadi 26 siswa atau 78,79%. Hasil penelitian ini telah melampaui indikator kinerja. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga dari
Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama Pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2010” terbukti dan dapat diterima kebenarannya. |
---|