PENERAPAN STRATEGI JIGSAW BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA PADA SISWA KELAS X-7 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi Jigsaw bervariasi. Sebelum diberikan...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: HASTUTI, NOVA WIDYA
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11511/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi Jigsaw bervariasi. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan cara dalam setiap pembelajaran guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk menimbulkan keaktifan siswa. Akan tetapi penerapan strategi tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi jigsaw bervariasi. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri yang berjumlah 33 siswa. Teknik pe ngumpulan data menggunakan metode observasi langsung dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan ada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri dari yang aktif bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menggunakan strategi jigsaw bervariasi siswa yang aktif dalam materi hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebanyak 7 (31,31%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkanstrategi jigsaw bervariasi, siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 13 (39,39%) siswa dan siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 27 (81,81%) siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga dengan Penerapan Strategi Jigsaw Bervariasi dapat Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Hakikat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia Pada Siswa Kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.