PENERAPAN STRATEGI JIGSAW BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA PADA SISWA KELAS X-7 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi Jigsaw bervariasi. Sebelum diberikan...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
1. Verfasser: HASTUTI, NOVA WIDYA
Format: Abschlussarbeit
Sprache:English
English
English
English
English
English
English
English
Veröffentlicht: 2011
Schlagworte:
Online Zugang:https://eprints.ums.ac.id/11511/
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
Beschreibung
Zusammenfassung:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi Jigsaw bervariasi. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan cara dalam setiap pembelajaran guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk menimbulkan keaktifan siswa. Akan tetapi penerapan strategi tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi jigsaw bervariasi. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri yang berjumlah 33 siswa. Teknik pe ngumpulan data menggunakan metode observasi langsung dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan ada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri dari yang aktif bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menggunakan strategi jigsaw bervariasi siswa yang aktif dalam materi hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebanyak 7 (31,31%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkanstrategi jigsaw bervariasi, siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 13 (39,39%) siswa dan siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 27 (81,81%) siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga dengan Penerapan Strategi Jigsaw Bervariasi dapat Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Hakikat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia Pada Siswa Kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.