PENGARUH MINAT BACA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PGRI I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS (2) untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS (3) untuk mengetahui pengaruh interaksi antara minat baca dan lingkungan belajar terhadap pres...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: RINI, PRIMASTUTI PONCO
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/11473/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS (2) untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS (3) untuk mengetahui pengaruh interaksi antara minat baca dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMK PGRI 1 Surakarta yang berjumlah 126 siswa, sampel yang diambil sebanyak 25 siswa dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) metode angket (2) metode dokumentasi (3) metode wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Sebelum data dianalisis dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan analisis data diperoleh persamaan regresi Y = 18,045 + 0,411 x1 + 0,374 X2 dan dapat disimpulkan bahwa hasil hipotesis menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat baca terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis diperoleh thitung > ttabel dengan perolehan 2,270>2,060 pada taraf signifikansi 5% (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis diperoleh thitung > ttabel dengan perolehan 2,112>2,060 pada taraf signifikansi 5% (3) terdapat pengaruh yang positif antara minat baca dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis diperoleh Fhitung>Ftabel dengan perolehan 18,680>3,44. (4) di dapat R Square = 62,90% artinya pengaruh minat baca dan lingkungan belajar sebesar 62,90% sisanya 37,10% dipengaruhi oleh faktor di luar model penelitian.