HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL MAHASISWA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa FKIP Prgram Studi Pendidikan Akuntansi semester VII Tahun 2010)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) hubungan antara kemampuan awal mahasiswa dengan prestasi belajar mahasiswa. 2) hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa. 3) hubungan secara bersamaan antara kemampuan awal mahasiswa dan kecerdasan emosional dengan prestas...

وصف كامل

محفوظ في:
التفاصيل البيبلوغرافية
المؤلف الرئيسي: YUANITA, TRIA
التنسيق: أطروحة
اللغة:English
English
منشور في: 2011
الموضوعات:
الوصول للمادة أونلاين:https://eprints.ums.ac.id/11456/
الوسوم: إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
الوصف
الملخص:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) hubungan antara kemampuan awal mahasiswa dengan prestasi belajar mahasiswa. 2) hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa. 3) hubungan secara bersamaan antara kemampuan awal mahasiswa dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa FKIP Akuntansi semester VII tahun 2010 Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berjumlah 170 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 114 orang siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis korelasi sederhana, analisis korelasi linear ganda dan perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Ada hubungan positif antara kemampuan awal dengan prestasi belajar. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi ry1 sebesar 0,503 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi ry2 sebesar 0,468 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada hubungan positif antara kemampuan awal dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi ganda sebesar 0,590 dan nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 29,610 > 3,078. 4) Variabel kemampuan awal memberikan sumbangan efektif 19,4% dan variabel kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif 15,4%. Jadi total sumbangan efektif adalah 34,8%, sedangkan sisanya 65,2% dipengaruhi oleh variabel lain, misalnya motivasi belajar, minat belajar, dan fasilitas belajar.