PENGARUH POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2009/2010
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh positif pola belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. 2) Pengaruh positif frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. 3) Pengaruh positif pola belajar dan frekuensi belajar te...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/11435/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh positif pola belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. 2) Pengaruh positif frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. 3) Pengaruh positif pola belajar dan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA N 1 Jumapolo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa IPS kelas XI SMA N 1 Jumapolo Tahun Ajaran 2009/2010 yang berjumlah 160 siswa. Sampel diambil sebanyak 40 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif dan signifikan pola belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Jumapolo tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,809 > 2,026 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Jumapolo tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,504 > 2,026 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan pola belajar siswa dan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Jumapolo tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 17,410 > 3,252 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4. Variabel pola belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 53,4% dan sumbangan efektif 25,9%. Variabel frekuensi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 46,6% dan sumbangan efektif 22,6%. Dengan membandingkan nilai sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel pola belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar ekonomi dibandingkan variabel frekuensi belajar.
|
---|