Analisis Pengaruh Faktor-faktor Marketing Mix Terhadap Keputusan Membeli di Perusahaan Konveksi Trisa Ngawi
Perkembangan dunia bisnis sekarang ini tampak semakin mengalami kemajuan yang sangat pesat setiap perusahaan akan selalu berusaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya secara efektif dan efisien. Perusahaan konveksi Trisa Ngawi dalam penelitian ini tengah menghadapi suatu permasala...
-д хадгалсан:
Үндсэн зохиолч: | |
---|---|
Формат: | Дипломын ажил |
Хэл сонгох: | English English English English English English English |
Хэвлэсэн: |
2007
|
Нөхцлүүд: | |
Онлайн хандалт: | https://eprints.ums.ac.id/11409/ |
Шошгууд: |
Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
|
Тойм: | Perkembangan dunia bisnis sekarang ini tampak semakin mengalami
kemajuan yang sangat pesat setiap perusahaan akan selalu berusaha mencapai tujuan
yang telah ditetapkan sebelumnya secara efektif dan efisien. Perusahaan konveksi
Trisa Ngawi dalam penelitian ini tengah menghadapi suatu permasalahan, yaitu
menurunnya jumlah penjualan. Ini disebabkan karena pihak perusahaan belum serius
memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan. Oleh karena itu, pada
penelitian ini akan menguji faktor-faktor yang akan mempengaruhi marketing mix,
yakni product, price, place, promotion, people, process, dan customer service
terhadap keputusan pembelian konsumen di perusahaan konveksi Trisa Ngawi.
Peneliti mengambil 70 orang konsumen untuk satu bulan terakhir sebagai
responden dalam sampel penelitian ini, untuk menguji faktor-faktor marketing mix
tersebut di atas, digunakan model regresi linier berganda. Menggunakan uji t, uji F
2
dan koefisien determinasi (R ) untuk mengetahui faktor-faktor yang berkaitan dengan
keputusan pembelian konsumen. Sedangkan uji asumsi klasik digunakan untuk
menguji model yang digunakan agar memenuhi kaidah sebagai parameter penduga
yang baik (BLUE) yaitu Best, Linier, Unbiased dan Estimated.
Hasil pengujian dan analisis mendapatkan hasil bahwa dari ketujuh faktor
yang diteliti yakni product, price, place, promotion, people, process, dan customer
service yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah product,
price dan promotion. Hal ini dibuktikan dengan t-hitung untuk product sebesar 2,011,
t-hitung untuk price sebesar 5,988 dan t-hitung untuk promotion sebesar 2,327
signifikan pada taraf signifikansi 5%. Sedangkan untuk pengaruh ketujuh faktor
tersebut secara bersamaan mendapatkan nilai F-hitung sebesar 2,373 signifikan pada
taraf signifikansi 5%. Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara
bersama-sama ketujuh faktor tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap
2 2
keputusan pembelian konsumen. Koefisien determinasi R sebesar 0,696, Adj. R
sebesar 0,682. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variasi perubahan variabel
dependen dipengaruhi oleh perubahan variabel independen sebesar 68,2%
2
berdasarkan Adj. R . Sedangkan regresi estimasi yang didapatkan dari model regresi
linier berganda yaitu:
Y = 17,9 + 0,362X + 1,042X + 0,059X + 0,471X – 0,144X + 0,088X – 0,146X
1 2 3 4 5 6 7
Berdasarkan model di atas dapat dilihat bahwa koefisien regresi yang paling besar
adalah variabel X (price). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor harga
2
(price) merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan
pembelian konsumen. |
---|