PENGARUH PEMAHAMAN AJARAN ISLAM DAN KONSEP DIRI TERHADAP PARTISIPASI DALAM KULIAH MAHASISWA AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2007 / 2008

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola hubungan kausal antara pemahaman ajaran Islam dengan partisipasi dalam kuliah bersifat langsung atau tidak langsung melalui konsep diri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini ad...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: ROMDIYAH, SITI
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11396/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola hubungan kausal antara pemahaman ajaran Islam dengan partisipasi dalam kuliah bersifat langsung atau tidak langsung melalui konsep diri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2007/2008 yang berjumlah 165 mahasiswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 113 mahasiswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur, regresi linear ganda, regresi linear sederhana, uji t, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 16.906 + 0.142 X1 + 0.272 X2, artinya partisipasi dalam kuliah dipengaruhi oleh pemahaman ajaran Islam dan konsep diri. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pemahaman ajaran Islam berpengaruh terhadap partisipasi dalam kuliah. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel pemahaman ajaran Islam sebesar 3.132 sehingga thitung > ttabel atau 3.132 > 1.980 (α = 0,05). (2) Konsep diri berpengaruh terhadap partisipasi dalam kuliah. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel konsep diri sebesar 3.374 sehingga thitung > ttabel atau 3.374 > 1.980 (α = 0,05) (3) Pola hubungan kausal antara pemahaman ajaran Islam dengan partisipasi dalam kuliah bersifat tidak langsung melalui konsep diri, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan x yaitu 0.022 < 0.032 (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0.108, berarti 10.8% partisipasi dalam kuliah dipengaruhi oleh variabel pemahaman ajaran Islam dan konsep diri, sisanya sebesar 89.2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.