KINERJA GURU DITINJAU DARI PENGALAMAN MENGAJAR, MOTIVASI GURU DAN PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SE KECAMATAN MARGOYOSO PATI TAHUN 2010/2011
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh pengalaman mengajar terhadap kinerja guru. 2) pengaruh motivasi guru terhadap kinerja guru. 3) pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. 4) pengaruh motivasi guru pada pengalaman mengajar terhada...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/11390/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh pengalaman mengajar terhadap kinerja guru. 2) pengaruh motivasi guru terhadap kinerja guru. 3) pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. 4) pengaruh motivasi guru pada pengalaman mengajar terhadap kinerja guru. 5) pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah pada motivasi guru terhadap kinerja guru. 6) pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam pengalaman mengajar terhadap kinerja guru. 7) pengaruh motivasi guru dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam pengalaman mengajar terhadap kinerja guru.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah guru SD, SMP dan SMK Se Kecamatan Margoyoso Pati yang berjumlah 131 orang, sedangkan sampel diambil 95 orang guru, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah proporsional stratified random sampling. Teknik pengambilan data menggunkan angket dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi tiga jalan.
Hasil penelitian menggunakan α = 5% menunjukkan 1) Terdapat pengaruh pengalaman mengajar terhadap kinerja guru. Berdasarkan analisis variansi tiga jalan diperoleh nilai probabilitas signifikansi < alpha, yaitu 0,000 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh motivasi guru terhadap kinerja guru. Berdasarkan analisis variansi tiga jalan diperoleh nilai probabilitas signifikansi < alpha, yaitu 0,000 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Berdasarkan analisis variansi tiga jalan diperoleh nilai probabilitas signifikansi < alpha, yaitu 0,000 < 0,05. 4) Tidak terdapat kombinasi efek (interaksi) antara pengalaman mengajar dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Berdasarkan analisis variansi tiga jalan diperoleh nilai probabilitas signifikansi > alpha, yaitu 0,082 > 0,05. 5) Terdapat kombinasi efek (interaksi) antara pengalaman mengajar dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Berdasarkan analisis variansi tiga jalan diperoleh nilai probabilitas signifikansi < alpha, yaitu 0,009 < 0,05. 6) Tidak terdapat kombinasi efek (interaksi) antara motivasi kerja dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Berdasarkan analisis variansi tiga jalan diperoleh nilai probabilitas signifikansi > alpha, yaitu 0,377 > 0,05. 7) Tidak terdapat kombinasi efek (interaksi) antara pengalaman mengajar, motivasi kerja dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Berdasarkan analisis variansi tiga jalan diperoleh nilai probabilitas signifikansi > alpha, yaitu 0,822 > 0,05. |
---|