PENGARUH KREATIVITAS, INTENSITAS BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) ada tidaknya pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) ada tidaknya pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) ada tidaknya pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. 4) ada tidaknya pen...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/11385/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) ada tidaknya pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) ada tidaknya pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) ada tidaknya pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. 4) ada tidaknya pengaruh kreativitas, intensitas belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 156 siswa. Sampel diambil sebanyak 39 siswa dengan cara proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji F dan uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,884 > 2,030 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,007. 2) Ada pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,212 > 2,030 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,003. 3) Ada pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,365 > 2,030 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,024. 4) Ada pengaruh kreativitas, intensitas belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui Fhitung > Ftabel, yaitu 14,760 > 2,874 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 5) Berdasarkan analisis regresi linear ganda diperoleh persamaan Y = 18,460 + 0,636 X1 + 0,728 X2 + 0,532 X3, yaitu bahwa prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh tinggi rendahnya kreativitas, intensitas belajar, dan fasilitas belajar. 6) Variabel kreativitas memberikan sumbangan efektif 18,5%. Variabel intensitas belajar memberikan sumbangan efektif 22,6%. Variabel fasilitas belajar memberikan sumbangan efektif 14,8%, sehingga total sumbangan efektif ketiga variabel sebesar 55,9%, sedangkan 44,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
|
---|