Analisis Kebijaksanaan Penetapan Harga Jual Dengan Pendekatan Full Costing Pada Perusahaan Era Furniture-Interior di Surakarta
Dengan adanya berbagai perubahan yang mendasar pada era globalisasi sekarang ini telah memberikan dampak positif dan negatif disektor perdagangan. Usaha kecil dan menengah dituntut untuk mengantisipasi perubahan tersebut dan mampu memanfaatkan perubahan menjadi peluang bisnis. Dalam kegiatan...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English |
出版: |
2007
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/11274/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Dengan adanya berbagai perubahan yang mendasar pada era globalisasi
sekarang ini telah memberikan dampak positif dan negatif disektor perdagangan.
Usaha kecil dan menengah dituntut untuk mengantisipasi perubahan tersebut dan
mampu memanfaatkan perubahan menjadi peluang bisnis. Dalam kegiatan
usahanya setiap perusahaan harus mempunyai kemampuan untuk tetap survive
dan berkembang secara mandiri dalam menghadapi persaingan yang ada.
Persaingan yang terjadi tidak hanya menimbulkan suatu ancaman tetapi
dapat juga memberikan peluang yang bermanfaat bagi perusahaan dalam upaya
meningkatkan atau memaksimalkan laba dan meningkatkan volume penjualan
dengan tetap memperhitungkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan
melihat situasi persaingan yang ada maka penetapan harga jual yang tepat sangat
diperlukan, agar perusahaan dapat merangsang konsumen untuk membeli produk
perusahaan sehingga pada akhirnya perusahaan dapat meningkatkan hasil
penjualan semaksimal mungkin.
Dalam mempertimbangkan harga jual agar peningkatan hasil penjualan
tercapai, maka penetapan harga jual produk didasarkan pada biaya total yang
dikeluarkan perusahaan sebagai batas minimal penetapan.
Judul skripsi ini adalah “Analisis Kebijaksanaan Penetapan Harga Jual
Dengan Pendekatan Full Costing Pada Perusahaan ERA Furniture-Interior
di Surakarta”.
Penentuan harga pokok penuh (full costing) adalah suatu konsep
penentuan harga pokok yang memasukkan biaya produksi yaitu bahan baku, biaya
tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Biaya pemasaran dan biaya
administrasi diperlukan sebagai biaya periode. Dan ditambah laba yang wajar
sejumlah mark-up untuk menentukan harga jual perusahaan.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah kebijaksanaan penetapan harga jual dengan pendekatan full
costing akan meningkatkan hasil penjualan produk pada perusahaan ERA
Furniture-Interior di Surakarta.
Berdasarkan analisa deskriptif kuantitatif yaitu analisa harga jual dengan
pendekatan full costing dalam penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa
pendekatan full costing akan meningkatkan hasil penjualan perusahaan dalam hal
ini laba perusahaan. Harga jual dengan pendekatan full costing lebih tinggi
dibanding harga jual perusahaan sesungguhnya. Selisih harga jual dari tahun
2003-2005 antara 0,8% sampai 1,5% per unit sehingga akan meningkatkan hasil
penjualan perusahaan. Dengan pendekatan full costing, perusahaan memperoleh
kenaikan hasil penjualan berupa laba perusahaan dari tahun 2003-2005 antara
7,7% sampai 14,2%. Sedangkan volume penjualan mengalami peningkatan
sebesar 10% sampai 19%. |
---|