PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Kartasura)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh metode pemberian tugas terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh metode pemberian tugas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jeni...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor principal: SHOFIANA , AIDIYAH
Formato: Tesis
Lenguaje:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicado: 2007
Materias:
Acceso en línea:https://eprints.ums.ac.id/11255/
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
Descripción
Sumario:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh metode pemberian tugas terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh metode pemberian tugas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini a dalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 239 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa dengan menggunakan teknik random sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis variansi 2 jalan yang sebelumnya digunakan uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil penelitin pada taraf signifikansi 5 % menunjukkan (1) terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa dengan Fhitung = 11,729, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan Fhitung = 3.722, (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi dengan F hitung = 2.118. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pemberian tugas dan motivasi belajar siswa berpengaruh positif tehadap prestasi belajar matematika.