PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Kartasura)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh metode pemberian tugas terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh metode pemberian tugas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jeni...
Guardado en:
Autor principal: | |
---|---|
Formato: | Tesis |
Lenguaje: | English English English English English English English English |
Publicado: |
2007
|
Materias: | |
Acceso en línea: | https://eprints.ums.ac.id/11255/ |
Etiquetas: |
Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
|
Sumario: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh metode pemberian tugas
terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap
prestasi belajar matematika, (3) pengaruh metode pemberian tugas dan motivasi belajar
terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi
dalam penelitian ini a dalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran
2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 239 siswa. Sampel dalam penelitian
ini sebanyak 80 siswa dengan menggunakan teknik random sampling.Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah analisis variansi 2 jalan yang sebelumnya
digunakan uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil penelitin pada taraf signifikansi 5 %
menunjukkan (1) terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa
dengan Fhitung = 11,729, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi
belajar siswa dengan Fhitung = 3.722, (3) tidak terdapat interaksi antara metode
pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi dengan F hitung = 2.118.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pemberian tugas dan motivasi belajar siswa
berpengaruh positif tehadap prestasi belajar matematika. |
---|