ANALISIS PENGARUH PERIKLANAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA DEALER MOTOR HONDA “ALFA MOTOR” YOGYAKARTA
Penelitian ini berjudul analisis pengaruh periklanan dan personal selling terhadap volume penjualan pada dealer motor Honda Alfa Motor Yogyakarta. Variable dependennya adalah volume penjualan dan variable independennya adalah biaya periklanan dan b...
Gorde:
Egile nagusia: | |
---|---|
Formatua: | Thesis |
Hizkuntza: | English English English English English English English English |
Argitaratua: |
2007
|
Gaiak: | |
Sarrera elektronikoa: | https://eprints.ums.ac.id/11101/ |
Etiketak: |
Etiketa erantsi
Etiketarik gabe, Izan zaitez lehena erregistro honi etiketa jartzen!
|
Gaia: | Penelitian ini berjudul analisis pengaruh periklanan dan personal
selling terhadap volume penjualan pada dealer motor Honda Alfa Motor
Yogyakarta. Variable dependennya adalah volume penjualan dan variable
independennya adalah biaya periklanan dan biaya personal selling. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui derajat hubungan antara factor-faktor yang
mempengaruhi penjualan secara individu atau secara bersama-sama. Untuk
mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi volume penjualan
dan berapakah derajat pengaruhnya. Untuk mengenalisa pengaruh tersebut
digunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F, uji determinasi dan untuk
mengetahui kelayakan data yang akan diuji, maka data variable penelitian diuji
terlebih dahulu dengan uji asumsi klasik.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder
meliputi data tentang volume penjualan biaya periklanan dan biaya personal
selling tahun 2003 sampai dengan 2006.
Dari hasil uji asumsi klasik, dalam data tidak ditemukan adanya
multikolinieritas, otokorelasi, dan heterokedastisitas, data bersifat linier dan
semua data variabel penelitian berdistribusi normal.
Hasil pengujian statistik dan analisis regresi berganda diketahui
diperoleh persamaan :
Y = 7,347 + 4,079 X1 + 30,763 X2
Sedangkan dengan pengujian statistic (uji t) diketahui bahwa biaya
periklanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, begitu
juga biaya personal selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume
penjualan. Dari uji F diketahui bahwa variabel independen secara bersama-sama
mempengaruhi variabel dependen. Nilai koefisien determinasi adalah sebesar
0,892 berarti 89,2% variasi variabel dependen (volume penjualan) dapat
dijelaskan oleh variasi variabel independent (periklanan dan personal selling),
sedangkan sisanya 10,8% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak masuk
dalam model. |
---|