PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP N I SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2006/2007
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sragen tahun pelajaran 2006/2007. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik proportional random sampling. P...
সংরক্ষণ করুন:
প্রধান লেখক: | |
---|---|
বিন্যাস: | গবেষণাপত্র |
ভাষা: | English English English English English English English English |
প্রকাশিত: |
2007
|
বিষয়গুলি: | |
অনলাইন ব্যবহার করুন: | https://eprints.ums.ac.id/11027/ |
ট্যাগগুলো: |
ট্যাগ যুক্ত করুন
কোনো ট্যাগ নেই, প্রথমজন হিসাবে ট্যাগ করুন!
|
সংক্ষিপ্ত: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelengkapan fasilitas
belajar terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sragen tahun
pelajaran 2006/2007. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif dengan teknik proportional random sampling. Populasi dalam penelitian
ni sebanyak 240 siswa yang terdiri atas kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII
E, dan VIII F dengan kelas VIII B sebagai sampel try out dan kelas VIII D sebagai
sampel penelitian dengan masing-masing kelas berjumlah 40 siswa. Penentuan
sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel bebas dalam
penelitian ini yaitu kelengkapan fasilitas belajar, sedangkan variabel terikatnya yaitu
motivasi belajar biologi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan
metode dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan regresi
inear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh
yang kuat atau penting kelengkapan fasilitas belajar motivasi belajar biologi yang
ditunjukkan oleh harga Fhitung > Ftabel pada taraf signifikan 5% atau 12,439 > 4,10.
Sedangkan untuk sumbangan efektif variabel kelengkapan fasilitas belajar sebesar 45,
01%. |
---|