EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN KOOPE RATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION)PADA SUB POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan prestasi belajar ditinjau dari perbedaan metode pembelajaran (2) Perbedaan prestasi belajar ditinjau dari gaya belajar siswa (3) Interaksi antara metode mengajar dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
1. Verfasser: LESTAR, WIJI
Format: Abschlussarbeit
Sprache:English
English
English
English
English
English
English
English
Veröffentlicht: 2007
Schlagworte:
Online Zugang:https://eprints.ums.ac.id/11018/
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
Beschreibung
Zusammenfassung:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan prestasi belajar ditinjau dari perbedaan metode pembelajaran (2) Perbedaan prestasi belajar ditinjau dari gaya belajar siswa (3) Interaksi antara metode mengajar dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas. Sebagai sampel diambil dua kelas sebanyak 70 siswa yang kemudian dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan Cluster sampling cara undian. Proses pengambilan data menggunakan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika siswa, metode angket untuk memperoleh data gaya belajar, dan metode dokementasi sebagai metode pendukung untuk memperoleh data prestasi belajar matematika dan data gaya belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji Normalitas dengan Lillifors dan Homogenitas dengan metode Bartlett. Berdasarkan hasil penelitian dengan α = 5% diperoleh : (1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari perbedaan metode pembelajaran dengan Fhitung = 4,873 (2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari gaya belajar siswa dengan Fhitung = 29,684 (3) tidak terdapat interaksi antara metode mengajar dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan Fhitung = 1,887.