KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 PRACIMANTORO
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kesiapan guru matematika di SMP Negeri 1 Pracimantoro, Wonogiri dalam (1) Pengembangan Silabus MatematikaKurikulum tingkat satuan Pendidikan, (2) Pelaksanaan pembelajaran Matematika Kurikulum tingkat satuan Pendidikan , (3) Evaluasi pembelajara...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English English English English English English English |
Được phát hành: |
2007
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/11017/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
Tóm tắt: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kesiapan guru matematika
di SMP Negeri 1 Pracimantoro, Wonogiri dalam (1) Pengembangan Silabus
MatematikaKurikulum tingkat satuan Pendidikan, (2) Pelaksanaan pembelajaran
Matematika Kurikulum tingkat satuan Pendidikan , (3) Evaluasi pembelajaran
Matematika Kurikulum tingkat satuan Pendidikan. Sumber data: guru, siswa dan
dokumen-dokumen yangditentukan secara purposif dan . Data
dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data
dilakukandengan triangulasi data dan . Teknik analisis data dilakukan
secara kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian (1) Pengembangan silabus
dilakukan dengan langkah-langkah (a)mengisi kolom identitas, (b) menentukan
standar kompetensi dan kompetensi dasar,(c)mengidentifikasi materi pokok, (d)
mengembangkan pengalaman belajar, (e) merumuskan indikator keberhasilan belajar,
(f) menentukan jenis penilaian, (g) menentukan alokasi waktu, (h) menentukan
sumber belajar, (2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu
tahap pendahuluan, kegitan inti, penutup yang dilakukan secara sistematis dan
berkesinambungan, (3) Evaluasi pembelajaran diterapkan evaluasi proses dan
evaluasi hasil belajar yang bekesinambungan. Evaluasi proses yang dilakukan berupa
unjuk kerja, kuesioner, dan wawancara sedangkan evaluasi hasil belajar yang
dilakukan berupa ulangan harian, ujian akhir semester dan ujian akhir tahun. |
---|