PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo)
Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan atau mengetahui proses pembelajaran matematika melalui pendekatan STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa kelas VII SMP. Subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti yang berperan sebagai gu...
Bewaard in:
Hoofdauteur: | |
---|---|
Formaat: | Thesis |
Taal: | English English English English English English English English |
Gepubliceerd in: |
2007
|
Onderwerpen: | |
Online toegang: | https://eprints.ums.ac.id/11015/ |
Tags: |
Voeg label toe
Geen labels, Wees de eerste die dit record labelt!
|
Samenvatting: | Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan atau mengetahui proses
pembelajaran matematika melalui pendekatan STAD (Student Teams
Achievement Divisions) untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa kelas
VII SMP. Subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti yang berperan sebagai
guru matematika di kelasVII.E SMP Negeri 2 Sidoharjo yang berkolaborasi
dengan guru matematika kelas VII.E dan Kepala Sekolah. Data dikumpulkan
melalui observasi, test, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara
deskriptif kualitatif dengan Presentasi model alur. Hasil penelitian ini adalah 1)
ada peningkatan keaktifan siswa dalam bertanya mencapai 32.5%; dalam
mengemukakan ide mencapai 25%; dan dalam mengerjakan soal-soal di depan
kelas mencapai 30%. 2) ada peningkatan dalam melakukan analisis soal mencapai
20%; dalam ketepatan melakukan analisis soal mencapai 25% |
---|