PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo)

Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan atau mengetahui proses pembelajaran matematika melalui pendekatan STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa kelas VII SMP. Subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti yang berperan sebagai gu...

Fuld beskrivelse

Saved in:
Bibliografiske detaljer
Hovedforfatter: MIRNAWATI, DWI
Format: Thesis
Sprog:English
English
English
English
English
English
English
English
Udgivet: 2007
Fag:
Online adgang:https://eprints.ums.ac.id/11015/
Tags: Tilføj Tag
Ingen Tags, Vær først til at tagge denne postø!
Beskrivelse
Summary:Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan atau mengetahui proses pembelajaran matematika melalui pendekatan STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa kelas VII SMP. Subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti yang berperan sebagai guru matematika di kelasVII.E SMP Negeri 2 Sidoharjo yang berkolaborasi dengan guru matematika kelas VII.E dan Kepala Sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, test, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan Presentasi model alur. Hasil penelitian ini adalah 1) ada peningkatan keaktifan siswa dalam bertanya mencapai 32.5%; dalam mengemukakan ide mencapai 25%; dan dalam mengerjakan soal-soal di depan kelas mencapai 30%. 2) ada peningkatan dalam melakukan analisis soal mencapai 20%; dalam ketepatan melakukan analisis soal mencapai 25%