EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri I Tulung Klaten tahun a...

Descrizione completa

Salvato in:
Dettagli Bibliografici
Autore principale: SETYONINGSIH , DWI RAHAYU
Natura: Tesi
Lingua:English
English
English
English
English
English
English
English
Pubblicazione: 2007
Soggetti:
Accesso online:https://eprints.ums.ac.id/11011/
Tags: Aggiungi Tag
Nessun Tag, puoi essere il primo ad aggiungerne!!
Descrizione
Riassunto:Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri I Tulung Klaten tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri atas 6 kelas yaitu kelas VIII A sampai kelas VIII F. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penilaian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5.34 dan rata–rata siklus I meningkat menjadi 6.05, rata siklus II meningkat menjadi 7.27 dan siklus III meningkat menjadi 8.15. Berdasarkan perhitungan regresi linear menunjukkan bahwa peningkatan nilai awal siswa sebesar 0.32 point atau 32%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan tutor sebaya meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII A SMP Negeri I Tulung Klaten tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0.32 point atau 32%.