PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PADA KLINIK PERAWATAN WAJAH RETNO’S BEAUTY CENTRE SURAKARTA
Pendidikan dapat meningkatkan keahlian, pengetahuan, wawasan, dan perubahan sikap seseorang, maka seorang karyawan yang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi tentu memiliki skill yang lebih tinggi. Dukungan pengalaman kerja yang tinggi akan semakin meningkatkan ketrampilan karyawan sehingga pr...
Na minha lista:
Autor principal: | |
---|---|
Formato: | Tese |
Idioma: | English English English English |
Publicado em: |
2007
|
Assuntos: | |
Acesso em linha: | https://eprints.ums.ac.id/10955/ |
Tags: |
Adicionar Tag
Sem tags, seja o primeiro a adicionar uma tag!
|
Resumo: | Pendidikan dapat meningkatkan keahlian, pengetahuan, wawasan, dan
perubahan sikap seseorang, maka seorang karyawan yang memiliki tingkat
pendidikan yang tinggi tentu memiliki skill yang lebih tinggi. Dukungan
pengalaman kerja yang tinggi akan semakin meningkatkan ketrampilan karyawan
sehingga proses kerja kemungkinan menjadi lebih singkat dan berkualitas. Tujuan
penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Pengaruh pendidikan dan
pengalaman kerja terhadap produktivitas tenaga kerja. (2) Di antara pendidikan
dan pengalaman kerja variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap
produktivitas tenaga kerja.
Penelitian dilaksanakan di Retno’s Beuaty Center Surakarta, sebuah pusat
pemeliharaan kecantikan yang memiliki cabang di Klaten. Sumber data yang
digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi adalah
seluruh karyawan di Retno’s Beuaty Center yang terdiri dari 55 orang karyawan.
Sampel penelitian adalah 35 orang karyawan yang diambil dengan teknik random
sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji
F, uji t, uji koefisien determinasi, dan uji asumsi klasik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat pendidikan dan
pengalaman kerja berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan pada
Retno’s Beuaty Center Surakarta. Hasil uji F memperoleh nilai Fhitung > Ftabel
(18,314 > 3,33) diterima pada taraf signifikansi 5%. (2) Variabel pengalaman
kerja berpengaruh dominan terhadap produktivitas kerja karyawan dan hipotesis
kedua diterima. Hasil uji t memperoleh nilai thitng untuk pengalaman kerja (4,033)
lebih besar daripada thitung untuk variabel tingkat pendidikan (3,201). Hal ini
membuktikan bahwa pengalaman kerja berpengaruh dominan terhadap
produktivitas kerja.
|
---|