EFEKTIVITAS CARA BELAJAR SISTEM MODUL DISERTAI PEMBERIAN TUGAS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2006/2007)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya perbedaan pembelajaran dengan sistem modul disertai pemberian tugas akan menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik jika dibandingkan dengan metode konvensional, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
1. Verfasser: Margiyant, Margiyanti
Format: Abschlussarbeit
Sprache:English
English
English
English
Veröffentlicht: 2007
Schlagworte:
Online Zugang:https://eprints.ums.ac.id/10924/
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
Beschreibung
Zusammenfassung:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya perbedaan pembelajaran dengan sistem modul disertai pemberian tugas akan menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik jika dibandingkan dengan metode konvensional, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi akan lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, (3) Untuk mengetahui adanya interaksi antara proses pembelajaran dengan sistem modul disertai pemberian tugas dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 239 orang. Dengan cara mengundi lebih dahulu, diperoleh hasil bahwa sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah kelas IA dan kelas IB dengan banyaknya siswa masing-masing kelas adalah 40 orang. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksprerimen adalah kelas IA dan sebagai kelas kontrol adalah kelas IB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk memperoleh data kemampuan siswa sebelum eksperimen, metode angket untuk memperoleh data motivasi belajar siswa dan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama. Sebagai persyaratan analisis adalah uji normalitas dengan metode liliefors pada α = 5% dan uji homogenitas dengan menggunakan metode Bartlett. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh cara belajar sistem modul disertai pemberian tugas (Fhitung = 6,657 > Ftabel = 4,001), (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi (Fhitung = 10,433 > Ftabel = 3,150), (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi (Fhitung = 0,704 < Ftabel = 3,150)