UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PHYTAGORAS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH(PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP AL-ISLAM Kartasura)

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran matematika melalui pembelajaran berbasis masalah guna meningkatkan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP. Subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VIII SMP AL-ISLAM Kartas...

Cijeli opis

Spremljeno u:
Bibliografski detalji
Glavni autor: MARTANI , PUTRI DWI
Format: Disertacija
Jezik:English
English
English
English
English
English
English
Izdano: 2007
Teme:
Online pristup:https://eprints.ums.ac.id/10859/
Oznake: Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
Opis
Sažetak:Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran matematika melalui pembelajaran berbasis masalah guna meningkatkan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP. Subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VIII SMP AL-ISLAM Kartasura berkolaborasi dengan peneliti dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, review, dan catatan lapangan. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini adalah 1) ada peningkatan pemahaman matematika siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan mencapai 70,27%, dalam membuat kesimpulan materi pelajaran mencapai 67,56%, dalam mengerjakan soal-soal pekerjaan rumah mencapai 75,67%, 2) ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah dalam memecahkan masalah berdasarkan strategi yang dipikirkan sendiri mencapai 75,67%, dalam mengemukakan jalan pikiran atau alasan yang melandasi solusinya mencapai 72,97%.