PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD Negeri Gumpang 01 Kartasura )

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas VB SD Negeri Gumpang 01 Kartasura sebagai subjek pemberi tindakan, kepa...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: HANDOKO, LILIK
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
English
English
English
English
Được phát hành: 2007
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/10858/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas VB SD Negeri Gumpang 01 Kartasura sebagai subjek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa – siswa kelas VB yang berjumlah 28 orang sebagai subjek penerima tindakan. Data penelitian ini adalah pemahaman konsep yang dapat dilihat dari keaktifan dan hasil belajar siswa selama pemberian tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, interview. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep bangun ruang. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa yang meliputi mengerjakan soal kedepan kelas diakhir putaran mencapai 67.9%, memberi tanggapan dari jawaban siswa lain pada akhir putaran 21.4%, mengajukan ide/tanggapan pada guru pada akhir putaran 17.8%, membuat kesimpulan pada akhir putaran 28.6%, dan memanfaatkan sumber belajar pada akhir putaran 60.7%; sedangkan hasil belajar siswa meliputi kemampuan mengkonstruksikan soal akhir putaran mencapai 68.75%, ketepatan penggunaan rumus mencapai 85.71%, kemampuan proses perhitungan akhir putaran mencapai 45.54%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran dengan pendekatan realistik dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.