PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) SEBAGAI USAHA MENGEMBANGKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura)
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada peningkatan : 1). Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe GI, 2). Hasil belajar matematika siswa selama proses pembelajaran kooperatif tipe GI. Subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VII...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2007
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/10843/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada peningkatan : 1). Aktivitas
siswa dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe GI, 2).
Hasil belajar matematika siswa selama proses pembelajaran kooperatif tipe GI.
Subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VII B SMP Muhammadiyah
1 Kartasura, objek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B sejumlah 28 siswa,
subjek yang membantu pelaksanaan adalah kepala sekolah dan peneliti sebagai subjek
yang melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis data, dan penarikan
kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes, dan
dokumentasi. Analisis data secara diskriptif kualitatif dengan prosentase dan model
alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah : 1). Peningkatan aktivitas siswa
membaca materi mencapai 19 siswa (67,86%), aktivitas siswa berdiskusi mencapai 19
siswa (67,86%), aktivitas siswa menulis laporan mencapai 13 siswa (46,43%),
aktivitas siswa memecahkan soal mencapai 16 siswa (57,14%), aktivitas siswa
presentasi di depan kelas mencapai 14 siswa (50%). 2). Banyaknya siswa yang
memperoleh nilai t 60 mencapai 13 siswa (46,43%), 3). Hasil belajar siswa
ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata kelas ( x ) mencapai 59,82. Kesimpulan
penelitian ini adalah bahwa pembelajaran koooperatif tipe GI dapat meningkatkan
aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika yang bermuara pada meningkatnya
hasil belajar matematika siswa. |
---|