UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDAYAGUNAAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Muhammadiyah Surakarta I Cilacap)
Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Meningkatkan minat belajar Matematika yang dibatasi oleh perasaan senang, perhatian, kemauan, konsentrasi dan kesadaran siswa; 2). Mendiskripsikan bagaimana proses pembelajaran matematika melalui pendayagunaan alat peraga. Subyek penerima tindakan a...
محفوظ في:
المؤلف الرئيسي: | |
---|---|
التنسيق: | أطروحة |
اللغة: | English English English English English English English English |
منشور في: |
2006
|
الموضوعات: | |
الوصول للمادة أونلاين: | https://eprints.ums.ac.id/10836/ |
الوسوم: |
إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
|
الملخص: | Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Meningkatkan minat belajar Matematika yang
dibatasi oleh perasaan senang, perhatian, kemauan, konsentrasi dan kesadaran
siswa; 2). Mendiskripsikan bagaimana proses pembelajaran matematika melalui
pendayagunaan alat peraga. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B
SMP Muhammadiyah I Cilacap yang berjumlah 40 siswa. Data dikumpulkan
melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru
matematika, dan kepala sekolah. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan
metode alur. Hasil tindakan kelas adalah : 1). Peningkatan minat belajar
matematika yang dibatasi dengan perasaan senang siswa mencapai 32 siswa
(80 %); perhatian siswa mencapai 33 siswa (82,5 %); kemauan siswa mencapai 28
siswa (70 %); konsentrasi siswa mencapai 35 siswa ((87,5 %); kesadaran siswa
mencapai 35 siswa (87,5 %); 2). Proses belajar dimulai dari : a). Menggunakan
pola pembelajaran dengan kombinasi klasikal, kelompok, dan individual; b).
Memberikan tujuan pembelajaran, inti materi ajar dan kegiatan yang akan
dilakukan; c). Menyampaikan materi dengan pengoptimalan penggunaan alat
peraga; d). Memberi petunjuk langkah-langkah pengerjaan pada soal yang
dianggap sulit; e). Mengingatkan siswa untuk mengulangi materi ajar yang sudah
dibahas; f). Mendorong semangat belajar siswa; g). Mengembangkan inisiatif
siswa. |
---|